MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM BACAAN RA’ MELALUI METODE INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD

Penulis

  • Arham SD Inpres Be’lang Kabupaten Bantaeng

Abstrak

Penelitian ini memiliki kedudukan yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, karenanya, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal. Dalam materi Hukum Bacaan RA’, hasil belajar siswa SD INPRES BE’LANG tergolong rendah. Hal itu bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada saat Siklus 1 yang menyatakan bahwa siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal lebih dari 50%.Berarti masih sangat jauh pemahaman siswa tentang tajwid. Untuk mengatasi masalah ini dicoba mencari solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi Hukum Bacaan RA’ dengan menggunakan teknik “inquiri learning. Proses pelaksanakan penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus 1 dan 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan 1 melakukan tanpa metode, sedangkan pertemuan 2 melakukan metode ”inquiri learning”. Teknik Inquiri learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa penguasaan konsep 20,46% dan penerapan 13,63%. 100% siswa menyatakan bahwa teknik Inquiri learning menyenangkan dan mampu membuat suasana kelas menjadihidup dan menyenangkan sehingga siswa menjadi termotivasi Teknik Inquiri learning juga membawa manfaat positif terhadap kemampuan siswa mengungkapkan hasil pembelajaran melalui kata- kata dan berfikir kritis.

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Arham. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM BACAAN RA’ MELALUI METODE INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 44–52. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5429