UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERIMAN KEPADA QADHA DAN QADAR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep qadha dan qadar melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XII SMPS IT Nur Khalifah dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pretest, posttest, serta observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa setelah diterapkannya PBL. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,75 pada pretest menjadi 82,5 pada posttest siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar yang meningkat dari 25% pada pretest menjadi 100% pada posttest siklus II. Metode PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep qadha dan qadar serta mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.