Meningkatkan Kesadaran Hidup Damai Melalui Pembelajaran Kolaboratif Di Kelas V SD Negeri 3 Molibagu

Penulis

  • Melisa Tobuhu SD Negeri 3 Molibagu

Kata Kunci:

Kesadaran Hidup Damai, Pembelajaran Kolaboratif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hidup damai dalam kebersamaan melalui pembelajaran kolaboratif di Kelas V SD Negeri 3 Molibagu. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam bekerja sama secara harmonis, yang sering menyebabkan konflik dan kesulitan dalam mencapai tujuan kelompok. Pendidikan dasar merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan sosial siswa, sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai hidup damai sejak dini. Metode pembelajaran tradisional yang cenderung individualis tidak cukup mendukung pengembangan keterampilan kolaboratif. Oleh karena itu, penelitian ini mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif sebagai strategi untuk meningkatkan kesadaran hidup damai.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman hidup damai di kalangan siswa. Pada siklus pertama, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterlibatan dalam kegiatan belajar. Siklus kedua menghasilkan peningkatan lebih lanjut dalam pemahaman dan kepercayaan diri siswa, terutama dalam kegiatan membaca Al-Qur’an dan menjelaskan pesan-pesan pokok dari ayat-ayat yang dipelajari.Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga dalam membentuk sikap toleransi dan kerja sama di antara siswa. Dengan demikian, metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan dasar untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan kesadaran hidup damai di kalangan siswa.

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Tobuhu, M. (2023). Meningkatkan Kesadaran Hidup Damai Melalui Pembelajaran Kolaboratif Di Kelas V SD Negeri 3 Molibagu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 361–372. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5436