Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 10 Dumoga

Penulis

  • Mohammad Amin Bonde SMPN 10 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidi pada materi beriman kepada nabi dan rasul fase D di smp negeri 10 dumoga Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII  sebanyak 17 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat Peserta didik yang tuntas 9 orang atau 53 % tetapi hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75 %. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama ini meningkat menjadi 14 orang atau 82 %. hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar dapat meningkat menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Amin Bonde, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 10 Dumoga. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 373–381. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5437