Penerapan Metode Jigsaw Pada Materi Jasa Khulafaurasyidin Untuk Dunia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Lolak
Kata Kunci:
Daya Ingat, metode Jigsaw, PAI dan Budi PekertiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat peserta didik pada materi Jasa khulafaurasyifin untuk dunia mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui Metode Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDN 1 Lolak Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Jigsaw berhasil meningkatkan daya ingat peserta didik pada materi Jasa Khulfaurasyidin untuk dunia. Sebelum diterapkannya metode Jigsaw daya ingat peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58.00. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 Peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 peserta didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran