PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAKAN DAN BACAAN SALAT MELALUI MODELLING THE WAY PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerakan dan bacaan salat peserta didik kelas VII.1 di SMP Negeri 2 Bantaeng melalui metode Modelling the Way. Metode ini mengacu pada strategi pembelajaran yang memberikan contoh langsung (modeling) kepada peserta didik dalam melaksanakan gerakan dan membaca doa-doa dalam salat secara benar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan gerakan dan bacaan salat peserta didik setelah penerapan metode Modelling the Way. Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih mengalami kesalahan dalam gerakan dan bacaan, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam aspek ketepatan gerakan dan kelancaran bacaan salat. Dengan demikian, penerapan metode Modelling the Way terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam melaksanakan salat.