UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AHKLAK TERHADAP ORANG TUA DALAM METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ahklak terhadap orang tua dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Student Centered Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Negeri 5 Lembang Cina yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari metode Student Centered Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ahklak Terhadap Orang Tua. Sebelum diterapkannya metode Student Centered Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (28%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 siswa (71%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75/85 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (93%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.99. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.