Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Talking Stik Pada Materi Kisah Istimewa Fathu Makkah Kelas V SD Negeri II Poigar
Kata Kunci:
Talking Stick, Minat Baca, Materi Fathu MakkahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas V SD Negeri II Poigar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya pada materi Kisah Istimewa Fathu Makkah, melalui penerapan metode Talking Stick. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick efektif meningkatkan minat baca, keterlibatan aktif dalam diskusi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan minat baca namun partisipasi masih kurang optimal, rata-rata minat baca peserta didik berada pada skor 3,3 dengan partisipasi aktif yang rendah. Setelah perbaikan di siklus kedua, partisipasi aktif dan kepercayaan diri peserta didik dalam berdiskusi meningkat secara signifikan menjadi 4,2 dengan partisipasi aktif yang lebih tinggi, yaitu 4,0. Peningkatan juga terlihat pada aspek interaksi antar siswa dan kesiapan mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, metode Talking Stick dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk meningkatkan minat baca dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.