PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HADIS KEBERSIHAN KELAS B TK MUBARAK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hadis kebersihan di kelas B TK Mubarak. Masalah yang diidentifikasi adalah hasil belajar peserta didik yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan September 2024 di TK Mubarak, Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng. Variabel yang diteliti meliputi: (1) variabel input, yaitu pengetahuan awal siswa mengenai materi hadis kebersihan; (2) variabel proses, yaitu aktivitas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual; dan (3) variabel output, yaitu hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan media audio visual pada siklus I dan II. Pada siklus I, media audio visual berhasil menarik perhatian siswa, meskipun hasil belajar masih perlu ditingkatkan. Pada siklus II, perbaikan metode penggunaan media dan waktu yang terstruktur menghasilkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual efektif dalam membantu peserta didik memahami dan mengingat materi hadis tentang kebersihan.