UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KETELADANAN KHULAFAURRASYIDIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap peningkatan motivasi belajar, kreativitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti terutama di materi Keteladanan Khulafaurrasyidin. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan “The Non Equivalent Pretest-posttest Control Group Design”. Berdasarkan uji lanjut LSD menunjukkan bahwa project based learning dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa lebih tinggi 14%, kreativitas siswa meningkat 31,1%, kemampuan berpikir kritis meningkat 34% dan kemampuan kognitif siswa juga meningkat 28,9% dari pada pembelajaran yang diberikan tanpa melalui proyek. Pembelajaran berbasis proyek memotivasi siswa untuk belajar mandiri menemukan informasi sendiri dari berbagai sumber, seperti tim ahli, lingkungan sekitar, media dan internet. Siswa termotivasi bekerjasama dengan tim untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang kemudian diwujudkan dalam suatu produk. Pembelajaran proyek ini juga melatih agar siswa berpikir kritis terhadap permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan materi Keteladanan Khulafaurrasyidin melalui tema-tema yang mereka pilih, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa mulai dari menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan mencipta.