MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG PERADABAN BANI UMAYYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi Peradaban Bani Umayyah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII di SMPS Darul Ulum Panaikang dengan jumlah siswa 12 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata post-test pada Siklus I adalah 71,5 dengan ketuntasan belajar mencapai 58,3%. Pada Siklus II, nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 85,3 dengan ketuntasan mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sejarah peradaban, khususnya Bani Umayyah.