Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Asmaul Husna Melalui Metode Take And Give Di SMP Negeri Daerah Kotabunan

Penulis

  • Regita Patra SMPN Daerah Kotabunan

Kata Kunci:

Pemahaman, take and give method, Asmaul Husna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik  pada materi Asmaul Husna melalui metode take and give di SMP Negeri Daerah Kotabunan.  Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN Daerah Kotabunan Tahun Ajaran 2022/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berdasarkan perolehan observasi menunjukkan pemahaman peserta didik pada materi asmaul husna dari 22 siswa hanya terdapat 5 orang siswa yang tuntas Sehingga dipandang Tingkat pemahan belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang ditentukan.  Maka dari  itu penelitian dilanjutkan  pada siklus selanjutnya atau siklus 2. Pada siklus II  meningkat menjadi 16 orang peserta didik. Hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan . hal ini menandakan pemahaman peserta didik dapat meningkat pada materi asmaul husan dengan menggunakan metode take and give.

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Patra, R. (2023). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Asmaul Husna Melalui Metode Take And Give Di SMP Negeri Daerah Kotabunan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 592–602. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5498