Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad Saw. Ke Madinah Model Jigsaw Kelas IV SDN 1 Molinow
Keywords:
Hasil belajar, model jigsawAbstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Molinow untuk Meningkatkan hasil belajar peserta didik materi kisah perjalanan hijrah nabi muhammad ke madinah melalui model jigsaw. Proses belajar dengan menggunakan belajar kelompok dimana setiap anggota menggunakan informasi, pengalaman, ide, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya untuk secara bersama-sama saling meningkatkan hasil belajar seluruh anggota kelompok. Guru sudah berhasil memfokuskan diri dalam membantu siswa mencapai keterampilan mengarahkan diri, dengan model pembelajaran Jigsaw, akan lebih mudah menangkap materi belajar mengajar yang disampaikan guru yang akan membentuk penguasaan materi belajar akan menjadi lebih baik. Pada siklus II, sudah mengalami peningkatan pemahaman siswa, hal tersebut bisa dilihat dari hasil data belajar pada siklus II yang sudah mencapai 91, 66%. Model pembelajaran jigsaw memiliki efek positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik materi kisah hijah nabi muhammad saw. ke madinah kelas IV SDN 1 Molinow. Terbukti terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata secara keseluruhan. Dari proses pra siklus sampai pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 53% dan terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar mencapai 91%