Upaya Peningkatan Keterampilan Berwudhu Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Salongo
Keywords:
Peningkatan Keterampilan, Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan berwudhu pada siswa kelas 3 SD melalui metode demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode ini dipilih karena dapat memudahkan siswa dalam memahami langkah-langkah wudhu secara praktis dalam peningkatan keterampilan mereka melalui pengulangan yang konsisten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi langsung selama kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan praktik wudhu siswa, yang terlihat dari kemampuan mereka untuk menjalankan tiap langkah wudhu dengan benar dan tepat waktu. Metode demonstrasi dan latihan berulang terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran praktik wudhu, serta meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan aplikatif di kelas.