Penerapan PBL Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Untuk Mencegah Pergaulan Bebas Dan Zina Di Kelas X SMA Negeri 2 Dumoga
Kata Kunci:
keaktifan peserta didik, Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL)Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mencegah pergaulan bebas dan zina melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) di SMA Negeri 2 Dumoga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam memahami dan menginternalisasi nilai-nilai pencegahan pergaulan bebas dan zina. Dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proyek, mereka dapat merasakan langsung dampak positif dari pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL dalam materi pendidikan agama untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi peserta didik.