PENERAPAN METODE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJADI GENERASI TOLERAN MEMBANGUN HARMONI INTERN

Penulis

  • Sukmawati SMPN 3 Sinoa

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan metode Word Square dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Fase D, Kelas VIII SMPN 3 Sinoa, Bantaeng. Word square adalah sebuah permainan tempat kita menemukan kata tertentu dalam kolom yang disusun secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Word square secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern, terlihat dari peningkatan hasil evaluasi pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode ini. Kesimpulannya, metode word square efektif sebagai metode bantu pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada topik tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern

Diterbitkan

2022-11-01

Cara Mengutip

Sukmawati. (2022). PENERAPAN METODE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJADI GENERASI TOLERAN MEMBANGUN HARMONI INTERN . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 907–919. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5512