MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE PONDASI DALAM MENGHAPAL RUKUN ISLAM MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik fase pondasi dalam menghapal Rukun Islam melalui media kartu bergambar. Rukun Islam merupakan fondasi penting dalam pendidikan agama yang perlu dipahami dan dihafal oleh peserta didik. Namun, banyak di antara mereka mengalami kesulitan dalam proses penghafalan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan media kartu bergambar sebagai alat bantu belajar yang interaktif dan menarik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghapal Rukun Islam peserta didik setelah menggunakan media kartu bergambar. Data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah penerapan media, serta observasi selama proses pembelajaran. Analisis data menunjukkan bahwa peserta didik menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses belajar, yang berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik fase pondasi, serta dapat dijadikan sebagai alternatif metode pengajaran dalam pembelajaran agama.