MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI FLIPCHART PADA MATERI SIKAP BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE B

Penulis

  • A. Nurhajar Hamsa SD Inpres Dampang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Inpres Dampang melalui penggunaan flipchart pada materi sikap berbakti kepada kedua orang tua dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain tindakan kelas, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan flipchart berhasil menarik perhatian siswa dan memperbaiki pemahaman konsep, yang berdampak positif pada peningkatan nilai belajar. Dengan demikian, flipchart terbukti sebagai media efektif dalam pembelajaran sikap berbakti kepada orang tua, serta mendukung penguatan karakter siswa. Sebelum diterapkannya media flipchart hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (30,77%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 15 siswa (57,70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21 siswa (81%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

A. Nurhajar Hamsa. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI FLIPCHART PADA MATERI SIKAP BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE B. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 822–837. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5530