PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN RUKUN ISLAM

Penulis

  • Zainab SDN 78 Birea

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hafalan Rukun Islam pada siswa kelas 1 di SD Negeri 78 Birea, Desa Pajukukang, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, tahun ajaran 2023/2024. Pembelajaran agama, khususnya mengenai Rukun Islam, merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 78 Birea yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hafalan sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran audio visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hafalan Rukun Islam setelah siswa menggunakan media pembelajaran audio visual. Rata-rata nilai tes hafalan siswa meningkat dari 65 sebelum intervensi menjadi 85 setelah penerapan media audio visual. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hafalan siswa pada materi Rukun Islam. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih banyak menggunakan media pembelajaran audio visual dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada materi yang bersifat hafalan.

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Zainab. (2023). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN RUKUN ISLAM. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 907–917. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5535