IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Andi Musfira SD Inpres Ganting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertanyaan penelitian yang diangkat adalah: "Bagaimana penerapan model problem based learning dapat memengaruhi hasil belajar siswa?" Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 67,50 pada siklus pertama menjadi 77,93 pada siklus kedua. Selain itu, persentase siswa yang tuntas belajar juga meningkat dari 64,29% menjadi 85%. Penelitian ini berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa model problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Andi Musfira. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 929–942. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5537