MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL SURAH AL-IKHLAS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menghafal Surah Al-Ikhlas menggunakan media audio visual di TK Fitrah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 peserta didik TK Fitrah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hafalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghafal dan pemahaman makna Surah Al-Ikhlas setelah penerapan media audio visual. Sebelum tindakan, hanya 40% peserta didik yang berhasil menghafal, sedangkan setelah tindakan, angka tersebut meningkat menjadi 85%. Selain itu, pemahaman terhadap makna surah juga meningkat, dengan 75% peserta didik mampu menjelaskan arti surah dengan baik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama di TK.