UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENANG MENOLONG ORANG LAIN MELALUI METODE CARD SORT

Penulis

  • Nurmiati SD 12 Ulugalung Bantaeng

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku siswa kelas 4 SD terkait dengan nilai-nilai senang menolong orang lain dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode card sort. Metode ini dipilih karena dapat membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan, serta memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan dengan cara yang kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian adalah 10 siswa kelas 4 di salah satu kota  SDN 12 Ulugalung Bantaeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode card sort secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya menolong orang lain sebagai bagian dari ajaran Islam, dengan persentase peningkatan sebesar 25% setelah intervensi. Selain itu, siswa menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap kegiatan menolong orang lain dalam kehidupan sehari-hari, yang terlihat dari peningkatan skor observasi perilaku sebesar 20%. Metode ini juga membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar. Dengan demikian, metode card sort dapat dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman, khususnya terkait dengan kepedulian sosial, di tingkat SD.

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Nurmiati. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENANG MENOLONG ORANG LAIN MELALUI METODE CARD SORT . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 954–964. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5539