PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH
Kata Kunci:
Make a Match, Huruf HijaiyahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 5 Mopuya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang beragama Islam di SD Negeri 5 Mopuya. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes dan observasi. Setelah dilaksanakan penelitian menggunakan model pembelajaran make a match, hasilnya dapat meningkatkan rata-rata nilai siswa pada pembelajaran PAI pada materi mengenal huruf hijaiyah, yaitu mencapai 82,14 dengan persentase peserta didik yang tuntas di atas KKTP 85,71% pada siklus II yang pada awalnya nilai rata-rata peserta didik adalah 64,29 dengan peserta didik yang tuntas di atas KKTP 57,14% pada siklus I. Dari hasil yang diperoleh berdasarkan siklus I dan siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik di kelas II SD Negeri 5 Mopuya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti semester ganjil tahun 2023. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif mengikuti pembelajaran, karena metode ini memungkinkan peserta didik berinteraksi secara langsung dengan materi melalui pendekatan yang lebih menyenangkan dan dinamis.