PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN 10 KOTA BARAT

Penulis

  • Habryanto Abdullah SD N 10 Kota Barat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis YouTube. Penggunaan media digital seperti YouTube diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam mengatasi rendahnya minat belajar dan pemahaman materi oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Kabupaten X yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket kepuasan siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah penerapan media pembelajaran berbasis YouTube, baik dari segi pemahaman konsep maupun keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan YouTube juga meningkatkan motivasi belajar siswa karena sifatnya yang interaktif dan mudah diakses. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis YouTube efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi guru dalam mengajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Habryanto Abdullah. (2021). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN 10 KOTA BARAT. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 373–381. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5553