PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI MATERI HAKIKAT SHALAT DAN DZIKIR KELAS VII-5 DI SMP NEGERI 2 GORONTALO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi belajar pesertadidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya materi Hakikat Shalat dan Dzikir di Kelas VII-5 SMPN 2 Gorontalo. Metode Discovery Learning diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan partisipatif, di mana siswa diajak untuk menemukan konsep secara mandiri melalui eksplorasi dan interaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desaineksperimen. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan metode, serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan skor angket dan antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode Discovery Learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, sehingga dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di sekolah.