IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI ELEMEN AKIDAH-AKHLAK DI SDN NO. 86 SIPATANA

Penulis

  • Yuningsih Setiawati SDN No.86 Sipatana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Elemen Akidah Akhlak  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Project Based Learning (PjBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas 3 SDN No.86 Sipatana Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Elemen Akidah Akhlak. Sebelum diterapkannya model Project Based Learning (PjBL) hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa (95%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

 

Diterbitkan

2021-11-25

Cara Mengutip

Yuningsih Setiawati. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI ELEMEN AKIDAH-AKHLAK DI SDN NO. 86 SIPATANA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 558–572. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5571