MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI MARI MENGENAL ALLAH SWT DI KELAS II SDN 3 MUNTOI BOLAANG MONGONDOW

Penulis

  • Suhartina Paputungan SDN 3 Muntoi

Kata Kunci:

Media Gambar, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran Agama Islam di kelas II SD Negeri 3 Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 10 orang, 7 laki-laki dan 3 Perempuan. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,  pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Agama Islam materi Mari Mengenal Allah swt di kelas II SD Nengeri 3 Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua  pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar mengalami  peningkatan disetiap siklus. Pada Pra siklus I mendapatkan hasil 30% dengan nilai rata-rata 43%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar  siswa adalah 55% dikategorikan kurang berarti aktivitas belajar siswa belum  tercapai. Sementara itu pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 99% dengan nilai rata-rata 85,7%, pada siklus II. Dari kedua perolehan prestasi belajar siswa tersebut dapat diketahui bahwa adanya peningkatan pada siklus I dengan siklus II, dengan demikian dengan penggunaan media gambar  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam.

Diterbitkan

2024-09-01

Cara Mengutip

Paputungan, S. (2024). MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI MARI MENGENAL ALLAH SWT DI KELAS II SDN 3 MUNTOI BOLAANG MONGONDOW. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 585–594. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6150