PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARN-ING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN, PADA MATE-RI ADAB MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL MENURUT AJARAN ISLAM

Penulis

  • Rahmi Hattani SMK Cokroaminoto Kotamobagu

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterlibatan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) pada materi Adab Menggunakan Media Sosial Menurut Ajaran Islam di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, yang mengalami kesulitan dalam keterlibatan aktif selama pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, yang ditunjukkan melalui peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, kemampuan dalam menyelesaikan proyek secara mandiri, serta pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang diajarkan. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk lebih kreatif dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, model pembelajaran PjBL dapat dijadikan sebagai alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Hattani, R. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARN-ING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN, PADA MATE-RI ADAB MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL MENURUT AJARAN ISLAM . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 72–81. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6175