MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP ADAB BERMASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA KELAS XI
Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL),, Hasil belajar, Adab bermasyarakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi adab bermasyarakat. Permasalahan rendahnya pemahaman dan penerapan adab bermasyarakat di lingkungan sekolah menjadi latar belakang utama penelitian ini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Pada siklus pertama, hasil belajar menunjukkan peningkatan sebesar X%, sementara pada siklus kedua peningkatan mencapai Y%. Selain itu, model ini juga berdampak positif terhadap sikap sosial peserta didik, seperti rasa tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, dan empati terhadap sesama. Dengan demikian, model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan adab bermasyarakat peserta didik.