PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DENGAN BERBAGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Kata Kunci:
hasil belajar, metode Discovery Learning, PAI dan Budi PekertiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Iman kepada malaikat dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Discovery Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D1 SMPN 1 Tabukan Selatan Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman kepada malaikat dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Discovery Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.