PARADIGMA ISLAM PROFETIK Melacak Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pemikiran Kuntowijoyo

Main Article Content

Nasar Lundeto
Syamsun Ni’am

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis terhadap konsep moderasi beragama yang terkandung dalam paradigma Islam yang digagas Kuntowijoyo, yaitu ilmu sosial profetik. Paradigma Islam Kuntowijoyo merupakan epistemologi Islam yang digunakan sebagai metodologi keilmuan Islam dalam memahami teks secara kontekstual dan bertujuan menjadikan agama sebagai basis ilmu sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, yaitu mengambil data dari sumber kepustakaan seperti dokumen, buku, jurnal dan sebagainya, yang dijabarkan untuk menyusun suatu narasi dalam suatu penelitian. Ada beberapa rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian ini, antara lain: 1) menelusuri tipe pemikiran Islam Kuntowijoyo. 2) menjelaskan konsep moderasi beragama. 3) menelusuri nilai-nilai moderasi beragama dalam pemikiran Kuntowijoyo.

Article Details

How to Cite
Lundeto, N., & Syamsun Ni’am. (2022). PARADIGMA ISLAM PROFETIK: Melacak Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pemikiran Kuntowijoyo. Farabi, 19(2). https://doi.org/10.30603/jf.v19i2.2961
Section
Articles
Author Biography

Syamsun Ni’am, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Prof. Dr. Syamsun Niam, M.Ag. merupakan dosen tetap di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Selain Dosen, ia juga saat ini mengemban jabatan sebagai Sekretaris Senat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

References

Andalas, Sugiarti dan Eggy Fajar Dan Arif Setiawan, Desain Penelitian Kualitatif Sastra, (Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2020)

Fahri, Mohammad dan Ahmad Zainuri, Moderasi Beragama Di Indonesia, Intizar, Vol. 24, no. 2, Desember 2019

Hardiman, F. Budi, Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche, (Jakarta: Gramedia, 2007)

Hermanto, Agus dkk, Moderasi Beragama Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Mubadalah, (Malang: Literasi Nusantara, 2021)

Karim, M.Abdul, Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam, (Yogyakarta; Bagaskara, 2014)

Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi Dan Etika, (Yogyakarta:Tiara Wacana, 2006)

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, (Bandung: Mizan, 1994)

Muslih, Muhammad, Filsafat Ilmu: Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma Dan Kerangka Teori Pengetahuan, (Yogyakarta: LESFI, 2016)

Nasr, Sayyed Hossein, Tiga Mazhhab Utama Filsafat Islam, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2014)

Nirwana, Herman dkk, Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas: Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 (Yogyakarta: Nas Media Indonesia, 2022)

Nurfaizah, Gina Skripsi tentang Moeslim Aburrahman dan gagasan teologi Islam transformatif tahun 1989-2012

Pirmani, Amie dan Khairunnas, Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna, (Jakarta Selatan: AMP Press, 2016)

Shihab, Alwi, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama, (Bandung: Mizan, 1999)

Shihab, M. Quraish, Wasathiyya: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama, (Tangerang Selatan: Lentera Hati, 2020)

Sidharta, Syahmuharnis Dan Harry, Transcendental Quotient: Kecerdasan Diri Terbaik, Rahasia Menjadi Manusia Unggul Dan Berakhlak Mulia, (Jakarta Selatan: Republika, 2006)