PARADIGMA ISLAM PROFETIK Melacak Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pemikiran Kuntowijoyo

Isi Artikel Utama

Nasar Lundeto
Syamsun Ni’am

Abstrak

Penelitian ini merupakan sebuah analisis mengenai konsep moderasi beragama yang terdapat di dalam paradigma Islam yang digagas oleh Kuntowijoyo, yaitu Ilmu sosial profetik. Paradigma Islam Kuntowijoyo merupakan suatu epistemologi Islam yang digunakan sebagai metodologi pengilmuan Islam dalam memahami nas secara kontekstual dan bertujuan untuk menjadikan agama sebagai basis ilmu sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian kepustakaan, yakni mengambil data dari sumber literatur seperti dokumen, buku, jurnal dan sebagainya, yang dielaborasi untuk menyusun narasi dalam sebuah penelitian. Terdapat beberapa rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, diantaranya: 1) melacak tipe pemikiran keislaman Kuntowijoyo. 2) menjelaskan konsep moderasi keberagamaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lundeto, N., & Syamsun Ni’am. (2022). PARADIGMA ISLAM PROFETIK: Melacak Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pemikiran Kuntowijoyo. Farabi, 19(2). https://doi.org/10.30603/jf.v19i2.2961
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Syamsun Ni’am, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Prof. Dr. Syamsun Niam, M.Ag. merupakan dosen tetap di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Selain Dosen, ia juga saat ini mengemban jabatan sebagai Sekretaris Senat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Referensi

Andalas, Sugiarti dan Eggy Fajar Dan Arif Setiawan, Desain Penelitian Kualitatif Sastra, (Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2020)

Fahri, Mohammad dan Ahmad Zainuri, Moderasi Beragama Di Indonesia, Intizar, Vol. 24, no. 2, Desember 2019

Hardiman, F. Budi, Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche, (Jakarta: Gramedia, 2007)

Hermanto, Agus dkk, Moderasi Beragama Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Mubadalah, (Malang: Literasi Nusantara, 2021)

Karim, M.Abdul, Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam, (Yogyakarta; Bagaskara, 2014)

Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi Dan Etika, (Yogyakarta:Tiara Wacana, 2006)

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, (Bandung: Mizan, 1994)

Muslih, Muhammad, Filsafat Ilmu: Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma Dan Kerangka Teori Pengetahuan, (Yogyakarta: LESFI, 2016)

Nasr, Sayyed Hossein, Tiga Mazhhab Utama Filsafat Islam, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2014)

Nirwana, Herman dkk, Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas: Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 (Yogyakarta: Nas Media Indonesia, 2022)

Nurfaizah, Gina Skripsi tentang Moeslim Aburrahman dan gagasan teologi Islam transformatif tahun 1989-2012

Pirmani, Amie dan Khairunnas, Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna, (Jakarta Selatan: AMP Press, 2016)

Shihab, Alwi, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama, (Bandung: Mizan, 1999)

Shihab, M. Quraish, Wasathiyya: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama, (Tangerang Selatan: Lentera Hati, 2020)

Sidharta, Syahmuharnis Dan Harry, Transcendental Quotient: Kecerdasan Diri Terbaik, Rahasia Menjadi Manusia Unggul Dan Berakhlak Mulia, (Jakarta Selatan: Republika, 2006)