Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata

Isi Artikel Utama

Ramli Poloso

Abstrak

Epistemologi pendidikan Islam Abuddin Nata mengandung muatan humanis yaitu sebuah rumusan pendidikan Islam yang memaksimalkan potensi dan kemampuan akal manusia sebagai makhluk yang sempurna dengan tetap bersandar dan berpijak pada al-Qur‟an dan Sunnah. Pola pendidikan Islam  yang humanis  tersebut menghendaki pola theo-antropho- centries yaitu memadukan usaha manusia dengan izin dan kehendak Allah swt. Selain itu, Abuddin Nata menginginkan sebuah model pendidikan Islam yaitu pendidikan Islam yang integralistik-konvergensi. Pendidikan Islam integralistik-konvergensi yang dimaksud adalah keterpaduan   dan      kesatuan   antara   konsep   al-Qur‟an   dan   Sunnah   dengan   konteks keindonesiaan sehingga mengarah pada satu tujuan mewujudkan kehidupan yang madani.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Poloso, R. (2018). Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata. Farabi, 15(2), 82–102. https://doi.org/10.30603/jf.v15i2.645
Bagian
Articles