Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama Dan Masa Depannya Pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Syahrial Labaso' IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ratna Hestiana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mariaty Podungge IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Pendidikan Nahdlatul Ulama dibangun dalam prinsip menjaga kemurnian Islam dengan mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa ajaran/ dogma yang yakini masih sesuai dengan nilai originalitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting pendidikan Nahdlatul Ulama mempertahankan identitasnya dan sekaligus berupaya menyesuaikan diri dengan tantangan zaman yang melingkupinya. Penelitian ini mengunakan pendekatan studi Pustaka (library research), dengan cara melibatkan sumber-sumber rujukan yang relevan dengan tema penelitian ini, serta berupaya mensintesiskannya sehingga melahirkan paradigma baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Nahdlatul Ulama melakukan upaya pembaharuan secara evolutif dengan cara melakukan pembahruan pada hal-hal yang dipandang tidak relevan lagi dengan kebutuhan zaman, sementara pada sisi yang lain tetap mempertahankan yang dipandang masih relavan. Pembaharuan secara evolutif juga dipandang dapat mendekatkan nilai-nilai keislaman dengan fakta-fakta lokal (kearifan lokal), sehingga nilai-nilai keIslaman menjadi lebih universal dan familiar

Published

2023-08-27

How to Cite

Labaso’, S., Hestiana, R. ., & Podungge, M. . (2023). Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama Dan Masa Depannya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(2), 75–82. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3348