Penggunaan Metode Pembelajaran Market Place Aktivity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Menghadirkan Salat Dan Zikir Dalam Kehidupan Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 3 Kabupaten Gowa

Authors

  • Nuraida SMPN 3 Barombong

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi menghadirkan sholat dan zikir dalam kehidupan melalui metode Market Place Actuvity. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik pada fase D di SMP Negeri 3 Barombong tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah peserta didik 20 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan Dokumentasi. Dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Maka hasil penelitian sebelum menggunakan metode Market Place Activity hanya 5 orang atau 25%  peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62,0. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I terdapat 10 orang atau 50 % peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,65 dengan ketuntasan klasikal 50%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 orang atau 85% tuntas dalam pembelajaran dengan nilai 84.0. Paeserta didik sangat antusias dalam pembelajaran karena metode ini melibatkan siswa berperan aktif sesuai dengan pengalaman sehari-harinya.

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Nuraida. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Market Place Aktivity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Menghadirkan Salat Dan Zikir Dalam Kehidupan Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 3 Kabupaten Gowa . Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(2), 72–88. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4066