Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Adab Shalat Dan Dzikir Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Fase D Kelas VII MTs PUI Kepuh Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka

Authors

  • Liah Nurlaeliyah MA PUI Kepuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Adab Shalat dan Dzikir  melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D Akidah Akhlak siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Adab Shalat dan Dzikir. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa sangat rendah. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 19 siswa (72,07 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,03 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (93,3%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,73. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Published

2021-08-29

How to Cite

Nurlaeliyah, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Adab Shalat Dan Dzikir Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Fase D Kelas VII MTs PUI Kepuh Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(2), 99–109. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4068