Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Market Place Activity Pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea

Authors

  • Risnawati Sayuti UPT SMPN 4 TURATEA

Abstract

Penelitian ini mengambil populasi di UPT SMPN 4 Turatea dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes sebagai alat utama, Observasi, dan Dokumentassi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Yang mana hasil dari penelitian ini, menunjukan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pra siklus 55%, pada Akhir siklus I sebesar 76,75%, dan pada akhir Siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehinga mencapai 93% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa metode market place activity dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea.

Published

2021-02-25

How to Cite

Sayuti, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Market Place Activity Pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea . Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(1), 26–36. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4062