Pelaksanaan Kultum dalam Membangun Karakter Percaya Diri Peserta didik di MAN I Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Rizka Triana Paputungan
  • Najamuddin Petta Solong IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Habibie Yusuf IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pelaksanaan Kultum Dalam Membangun Karakter Percaya Diri Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan Pelaksanaan pidato dalam    Membangun Karakter Percaya Diri Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, menemukan bahwa kultum adalah salah satu metode yang efektif dalam membangun percaya diri peserta didik, melalui kultum peserta didik dapat belajar untuk berbicara di depan umum. Pelaksanaan kultum biasanya melibatkan seseorang berbicara yang menyampaikan ceramah singkat, kultum juga dapat membantu dalam membangun percaya diri melalui interaksi sosial, peserta didik lebih terbangun percaya dirinya seperti tidak ragu-ragu, malu maupun gerogi, selain itu juga dapat menambah wawasan peserta didik khususnya mengenai masalah-masalah Agama

Published

2024-08-27

How to Cite

Paputungan, R. T., Solong, N. P., & Yusuf, H. (2024). Pelaksanaan Kultum dalam Membangun Karakter Percaya Diri Peserta didik di MAN I Kabupaten Gorontalo. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(2), 80–91. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4670

Issue

Section

Articles