Peran Guru PAI Dalam Membina Erika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto

Penulis

  • Delinda A. Mula IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mujahid Damopolii
  • Ruwiyah A. Buhungo IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Peran Guru PAI, Membina etika toleransi, Siswa

Abstrak

ABSTRAK

DELINDA A. MULA, 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Etika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto. Pembimbing I : Dr. Mujahid Damopolii, S.Ag. M.Pd, Pembimbing II : Ruwiah A. Buhungo. S.Ag.M.Pd.I

 

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Membina etika toleransi, Siswa

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi bahwa seorang pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Guru pendidikan agama Islam disamping memiliki fungsi sebagai pengajar untuk menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada anak didik, guru pendidikan agama Islam juga harus mampu menjadi contoh tauladan yang baik bagi para siswa. Dengan demikian guru tidak hanya memberikan teori saja tetapi memberi contoh sikap yang baik terkait pembinaan etika yang akan tercermin pada perilaku anak didik. Ditengah masyarakat majemuk kita harus saling nebghargai dan menghormati sesama manusia meskipun berbeda agama. Etika toleransi mengajarkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan orang lain dalam menumbuhkan kesadaran indahnya kebersamaan dalam masyarakat yang majemuk. Hal ini hendaknya diterapkan juga pada anak didik agar menjadi masyarakat sekolah yang harmonis dan kompak ditengah keragaman. 

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Limboto. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan penelitian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan: (1) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam membina etika toleransi antar umat beragam siswa di SMK Negeri 1 Limboto sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap saling menerima dan menghormati yang sudah diterapkan oleh warga sekolah. (2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam membina etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto sudah sangat baik diterapkan sekaligus dipraktekkan langsung oleh warga sekolah. Dan (3) Kendala dan solusi guru PAI dalam membina etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto seharusnya tidak berhenti pada pembinaan yang dilakukan sekolah dalam mengenalkan siswa kepada keberagaman yang sudah menjadi keharusan dalam kehidupan, tetapi siswa juga perlu mampu menghayati, memahami akan pentingnya toleransi dalam kehidupan ini dan kemudian menerapkannya di kehidupan nyata pula.

Implikasi dari hasil penelitian tentang peran guru PAI dalam menanamkan etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto, sudah sangat baik hanya saja ada sedikit yang masih harus dibenahi yaitu pada penguatan akhlak siswa yang sudah tidak berada pada tatanan yang semestinya karena sudah mulai terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Delinda A. Mula
NIM. 151012064

 

Diterbitkan

2020-02-18

Cara Mengutip

Mula, D. A., Damopolii, M., & Buhungo, R. A. (2020). Peran Guru PAI Dalam Membina Erika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(2), 42–57. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1248