Penggunaan Media LCD Projektor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas VII SMPN 2 Sungguminasa

Penulis

  • Risdawati SMPN 2 Sungguminasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Menjadi Pribadi berintegritas dengan  sifat amanah dan jujur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penggunaan media LCD Projektor. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 2 Sungguminasa Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Penggunaan media LCD Projektor berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menjadi Pribadi berintegritas dengan sifat amanah dan jujur. Sebelum diterapkannya Media LCD Projektor hasil belajar siswa secara klasikal hanya 10 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 26 siswa (76 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,38 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (88 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.44. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media LCD projektor ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Cara Mengutip

Risdawati. (2021). Penggunaan Media LCD Projektor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas VII SMPN 2 Sungguminasa. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(1), 1–14. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4057