Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Menggunakan Metode Project Based Learning Fase D Kelas VIII MTs Miftahul Huda Bulu Temanggung

Penulis

  • musyafif MTs Miftahul Huda

Abstrak

Penelitian yang penulis teliti merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Fase D MTs Miftahul Huda Bulu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah. Subjek penelitian ini adalah fase D kelas VIII Mts Miftahul Huda tahun ajaran 2020/ 2021 yang terdiri atas 23 peserta didik.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Project based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning, hasil belajar siswa secara klasikal hanya 13% yaitu hanya 3 siswa. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 47% yaitu 11 siswa yang tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 100% sebanyak 23 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86,9. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Cara Mengutip

musyafif. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Menggunakan Metode Project Based Learning Fase D Kelas VIII MTs Miftahul Huda Bulu Temanggung. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(1), 53–60. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4059