Meningkatkan Penanaman Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Materi Adab Bertamu Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo

Penulis

  • Diana Safitri MIS Muhammadiyah Purworejo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter sopan santun pada peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi adab bertamu mata pelajaran Akidah Akhlak bagi peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus di MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah fase C MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan penanaman karakter sopan santun peserta didik pada materi Adab Bertamu. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) penanaman karakter peserta didik secara klasikal masih minim yaitu sebanyak 28,57% dari seluruh peserta didik yang memiliki karakter sopan santun yang baik. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tersebut pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 62,9% dan pada siklus II terjadi peningkatan lebih baik lagi yaitu sebesar 75,25% sehingga sudah terlihat bahwa peserta didik menunjukkan karakter sopan santun yang lebih baik lagi. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena modep pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Cara Mengutip

Safitri, D. (2021). Meningkatkan Penanaman Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Materi Adab Bertamu Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(1), 37–52. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4060