ULUMUL HADIS DALAM KONTEKS PENDIDIKAN

Penulis

  • Yuli Ernawati IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Rahmin T. Husain IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ilyas Daud IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Implikasi hadis secara hukum islam tidak dapat dipungkiri lagi pentingnya posisi hadis dalam kehidupan umat islam, bahkan dalam salah satu hadis Rasullah menjamin barang siapa berpegang teguh pada al-qur’an dan hadits maka tidak akan tersesat. Oleh karena itu, makna hadis dan sunnah ini meluas hingga ke seluruh aspek kehidupan. Misalnya dalam konteks pendidikan, hadis menempati kedudukan yang sangat penting, dan hadis dapat menjadi salah satu rujukan dalam mengembangkan konsep pendidikan Islam. Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam hadis dapat menjadi standar pribadi bagi para guru, sedangkan amalan dakwah Nabi dan proses transmisi Islam dari Nabi kepada para sahabatnya dapat dijadikan acuan atau pedoman pendidikan bagi pendidikan Islam. Sebab pendidikan yang diajarkan dan dicontohkan Rasulullah terbukti berhasil membentuk kepribadian muslim ideal dan para sahabatnya. Inilah nilai penting dalam mengkaji hadis baik secara riwayat maupun diroyah.

Ulmul Hadis merupakan bagian penting dari pendidikan agama Islam. Karena ajarannya berlandaskan landasan hukum dan menjadi pedoman bagi kemajuan kehidupan masyarakat serta terlaksananya ajaran Islam secara baik dan benar. Dengan mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah SWT maka paradigma pendidikan akan berjalan tertib dan berujung pada kebahagiaan. Mengingat hakikat kebahagiaan dunia dan akhirat, maka kita dapat menyimpulkan bahwa urgensi Ulmul Hadits dalam bidang pendidikan, kehadirannya sebagai Tabin menempati posisi yang sangat kuat di dunia. Pendidikan yang menjelaskan ayat-ayat Al-Qur'an secara umum atau keislaman. Sehingga masyarakat dapat berpikir secara kontekstual dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Ernawati, Y., Yahiji, K., T. Husain, R. ., & Daud, I. . (2024). ULUMUL HADIS DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(1), 26–36. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4361