Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo
Abstrak
Penelitian ini mengungkapkan tentang Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo, dan juga mengenai kendala dan solusi Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian untuk mengetahui dan mengkaji Implementasi Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo. Untuk mengetahui dan mengkaji kendala dan solusi Implementasi Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan taknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan tahapan pengumpulan data melaui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan teknik cuplikan yang bersifat selektif (purpostif sampling) dalam hal ini peneliti akan memilih informan yang dipandang paling tahu, sehingga kemungkinan pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data. Dalam penelitian ini hasil yang diperoleh mengenai pembahasan tentang Integrasi Pembelajaran Alqur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo, di mana program unggulan ini dilaksanakan selain sebagai upaya dalam meningkatkan dan mempertahankan status akreditasi unggul (A) yang sudah diraih oleh MTs Darul Mubin ini dua kali berturut-turut, juga dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas ouput lulusan nya, sehingga para peseta didik yang melaksanakan pembelajaran di MTs ini nantinya mereka menjadi generasi unggul, generasi muslim yang kompetitif memiliki kompetensi kognitif, afektif dan psikomotik yang handal, para tenaga pendidik sudah secara maksimal dalam memberikan pembimbingan dalam pelaksanaan program unggulan Tahsin dan Tahfidz samapai pada pemberian evaluasi dan menilai terhadap para peserta didiknya yang dimasukkan pada kolom program ekstra kurikuler untuk dimasukkan pada nilai Raport Digital Madrasah (RDM).
Kata kunci: Integrasi, Pembelajaran, Unggulan, Tahsin, Tahfidz