Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo

  • Nurindah Bau
Keywords: Penerapan, Nilai-Nilai, Pendidikan Antikorupsi

Abstract

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan antikorupsi disekolah, salah satunya memasukkan kedalam kurikulum sekolah dengan cara mengintegrasikan kedalam mata pelajaran, bertujuan untuk menanamkan nilai dan sikap hidup anti korupsi kepada warga sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didukung dengan data teoritis melalui telaah pustaka (library research).

Penelitian menunjukkan bahwa, Pendidikan Antikorupsi terintegrasi studi pada mata pelajaran Akidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan sudah diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo. Penerapan nilai-nilai pendidikan antikorupsi, terintegrasi studi pada mata pelajaran Akidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan, diterapkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dilakukan dengan penanamanĀ  nilai antikorupsi, meliputi: jujur, disiplin, kerja sama, sederhana, peduli, mandiri, ketulusan, integritas, kewarganegaraan, yang relevan dengan materi bahasan, yang dapat diamati dari sikap siswa melalui Lingkungan sosial peserta didik, danĀ  nilai-nilai islami peserta didik.

Published
2018-06-01
How to Cite
Bau, N. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 79-96. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/687