Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo

Penulis

  • Nurindah Bau

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i1.687

Kata Kunci:

Penerapan, Nilai-Nilai, Pendidikan Antikorupsi

Abstrak

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumbuhkan nilai-nilai pendidikan antikorupsi disekolah, salah satunya memasukkan kedalam kurikulum sekolah dengan cara mengintegrasikan kedalam mata pelajaran, bertujuan untuk menanamkan nilai dan sikap hidup anti korupsi kepada warga sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didukung dengan data teoritis melalui telaah pustaka (library research).

Penelitian menunjukkan bahwa, Pendidikan Antikorupsi terintegrasi studi pada mata pelajaran Akidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan sudah diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo. Penerapan nilai-nilai pendidikan antikorupsi, terintegrasi studi pada mata pelajaran Akidah akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan, diterapkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dilakukan dengan penanaman  nilai antikorupsi, meliputi: jujur, disiplin, kerja sama, sederhana, peduli, mandiri, ketulusan, integritas, kewarganegaraan, yang relevan dengan materi bahasan, yang dapat diamati dari sikap siswa melalui Lingkungan sosial peserta didik, dan  nilai-nilai islami peserta didik.

Diterbitkan

2018-06-01

Cara Mengutip

Bau, N. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi di Madrasah Tsanawiyah Al-Yusra Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 79–96. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i1.687