Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Azyumardi Azra

Authors

  • Muhammad Irsad

Abstract

Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Azyumardi Azra. Ketertarikan Azyumardi Azra dalam menganalisa pendidikan Islam di Indonesia adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri, menjaga eksistesi dan memelihara identitas ditengah ekspansi modernisasi pendidikan yang dialami bangsa Indonesia. Kemampuan survive ini hanya dimiliki oleh pendidikan Islam di Indonesia dan tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan Islam bahkan di negara Islam sekalipun. Wujud perhatian lebih Azra terhadap pendidikan Islam di Indonesia adalah dengan menganalisa serta memberikan kritik sekaligus solusi yang mungkin ditempuh untuk dapat memajukan dan mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia. Diantara kritik yang disampaikan adalah tentang memperjelas orientasi pendidikan Islam, meningkatkan perhatian terhadap ilmu-ilmu eksakta, serta memperbaiki manajemen pengelolaan. Kritik ini Azra sampaikan melalui dua lembaga yang menjadi icon pendidikan Islam di Indonesia; Madrasah dan Pesantren.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Irsad, M. (2016). Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Azyumardi Azra. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 149–159. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/449