Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing

Authors

  • Asniwati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknolodi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5643

Keywords:

Market orientation, Product innovation, Product quality, Competitive advantage of MSMEs

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of entrepreneurial orientation, pricing strategy and location on competitive advantage. This research is included in causal associative research using a quantitative approach. The population in this study were MSMEs in Biringkanaya District, Makassar City with a total of 453 MSMEs. The sample is part of the population.   The sample consists of a number of selected members. The sample of this study used purposive sampling method, so the total sample was 55 respondents. Multiple linear regression analysis techniques. The results showed that partially market orientation, product innovation and product quality have a significant effect on the competitive advantage of MSMEs in Makassar City..

 

References

Akob, R. A., Laba, A. R., Sobarsyah, M., & Saudi, N. D. S. (2022). INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF: STUDI PADA USAHA CATERING DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 652–664.

Ani, L. N. (2020). PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN TIKAR ECENG GONDOK” LIAR”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 184–194.

Batara, M., Pundissing, R., & Uddu, L. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Training Dan Kemampuan Manajemen Terhadap Keunggulan Bersaing. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(1), 139–154.

Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56–65.

Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438.

Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15.

Harahap, N., & Rahmat, M. (2022). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Sapu Lidi Dan Sapu Ijuk Di Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 195–207.

Hartato, F., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 980–989.

Imani, M. F., Fikri, M. K., & Filzah, A. (2022). Pengaruh kreatif, inovasi dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.

Irawati, S. A. (2023). Ekonomi Kreatif dan UMKM Kuliner Pendongkrak Ekonomi Rakyat. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.

Kuncoro, M. (2020). Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0. Penerbit Andi.

Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Makeover Pada Mahasiswa Itb Nobel Indonesia. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29–41.

Mujahidah, R. M., & Wiwoho, G. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(5), 960–975.

Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1–9.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178–188.

Ryandi, V. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh inovasi, orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap keunggulan bersaing UKM kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883.

Widyastuti, T. A. R., Judijanto, L., Rukmana, A. Y., Pramuditha, P., Harto, B., Kusumastuti, S. Y., Irmadiani, N. D., Kelvin, K., & Nasution, U. B. (2024). Produk Digital: Revolusi Produk Digital & Inovasi di Era Teknologi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 29–38.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Asniwati, & Latief, F. . (2024). Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Al-Buhuts, 20(2), 423–433. https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5643

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.