Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing

Penulis

  • Asniwati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknolodi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5643

Kata Kunci:

Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing UMKM

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, strategi harga dan lokasi terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam  penelitian  ini  adalah  UMKM di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan jumlah 453 UMKM. Kecamatan Biringkanaya sebagai Kecamatan yang tercatat di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  kota  Makassar paling banyak jumlah UKMnya. Sampel  adalah  sebagian  dari  populasi.   Sampel   terdiri   atas   sejumlah   anggota   yang   dipilih. Sampel   dari penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, maka total sampel adalah 55 responden. Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi pasar, inovasi produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kota Makassar.

Referensi

Akob, R. A., Laba, A. R., Sobarsyah, M., & Saudi, N. D. S. (2022). INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF: STUDI PADA USAHA CATERING DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 652–664.

Ani, L. N. (2020). PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN TIKAR ECENG GONDOK” LIAR”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 184–194.

Batara, M., Pundissing, R., & Uddu, L. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Training Dan Kemampuan Manajemen Terhadap Keunggulan Bersaing. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(1), 139–154.

Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56–65.

Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438.

Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15.

Harahap, N., & Rahmat, M. (2022). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Sapu Lidi Dan Sapu Ijuk Di Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 195–207.

Hartato, F., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 980–989.

Imani, M. F., Fikri, M. K., & Filzah, A. (2022). Pengaruh kreatif, inovasi dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.

Irawati, S. A. (2023). Ekonomi Kreatif dan UMKM Kuliner Pendongkrak Ekonomi Rakyat. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.

Kuncoro, M. (2020). Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0. Penerbit Andi.

Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Makeover Pada Mahasiswa Itb Nobel Indonesia. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29–41.

Mujahidah, R. M., & Wiwoho, G. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(5), 960–975.

Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1–9.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178–188.

Ryandi, V. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh inovasi, orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap keunggulan bersaing UKM kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883.

Widyastuti, T. A. R., Judijanto, L., Rukmana, A. Y., Pramuditha, P., Harto, B., Kusumastuti, S. Y., Irmadiani, N. D., Kelvin, K., & Nasution, U. B. (2024). Produk Digital: Revolusi Produk Digital & Inovasi di Era Teknologi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 29–38.

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Asniwati, & Latief, F. . (2024). Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Al-Buhuts, 20(2), 423–433. https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5643

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.