Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5643Kata Kunci:
Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing UMKMAbstrak
Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, strategi harga dan lokasi terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan jumlah 453 UMKM. Kecamatan Biringkanaya sebagai Kecamatan yang tercatat di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah kota Makassar paling banyak jumlah UKMnya. Sampel adalah sebagian dari populasi. Sampel terdiri atas sejumlah anggota yang dipilih. Sampel dari penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, maka total sampel adalah 55 responden. Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi pasar, inovasi produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kota Makassar.
Referensi
Akob, R. A., Laba, A. R., Sobarsyah, M., & Saudi, N. D. S. (2022). INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF: STUDI PADA USAHA CATERING DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 652–664.
Ani, L. N. (2020). PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN TIKAR ECENG GONDOK” LIAR”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 184–194.
Batara, M., Pundissing, R., & Uddu, L. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Training Dan Kemampuan Manajemen Terhadap Keunggulan Bersaing. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(1), 139–154.
Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56–65.
Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438.
Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15.
Harahap, N., & Rahmat, M. (2022). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Sapu Lidi Dan Sapu Ijuk Di Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 195–207.
Hartato, F., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 980–989.
Imani, M. F., Fikri, M. K., & Filzah, A. (2022). Pengaruh kreatif, inovasi dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.
Irawati, S. A. (2023). Ekonomi Kreatif dan UMKM Kuliner Pendongkrak Ekonomi Rakyat. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Kuncoro, M. (2020). Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0. Penerbit Andi.
Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Makeover Pada Mahasiswa Itb Nobel Indonesia. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29–41.
Mujahidah, R. M., & Wiwoho, G. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(5), 960–975.
Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1–9.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178–188.
Ryandi, V. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh inovasi, orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap keunggulan bersaing UKM kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883.
Widyastuti, T. A. R., Judijanto, L., Rukmana, A. Y., Pramuditha, P., Harto, B., Kusumastuti, S. Y., Irmadiani, N. D., Kelvin, K., & Nasution, U. B. (2024). Produk Digital: Revolusi Produk Digital & Inovasi di Era Teknologi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 29–38.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asniwati, Fitriani Latief

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.