Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi

Survei pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIEM Bongaya Makassar

Authors

  • Yusriadi Hala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Neng Indriyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP
  • Rostiaty Yunus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP
  • Rezky Auliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3604

Keywords:

Emotional Intelligence, Social Intelligence, Intellectual Intelligence, Accounting Understandin

Abstract

The aim of this research is to find out whether emotional intelligence, social intelligence and intellectual intelligence partially affect the understanding of accounting in students of the accounting study program at STIEM Bongaya Makassar. The data collection technique uses primary data obtained through a questionnaire using a purposive sampling technique. The population is all students of the STIEM Bongaya Makassar accounting study program, totaling 273 people, while the sample taken is 85 students. The results of the questionnaire have been tested for validity and reliability, and classical assumptions have been tested in the form of normality assumption tests, multicollinearity tests and heteroscedasticity tests. Methods of data analysis using multiple linear regression techniques. The results of the study show that first, emotional intelligence does not have a positive and significant effect on understanding accounting. Second, social intelligence has a positive but not significant effect on accounting understanding, third, intellectual intelligence has a positive but not significant effect on accounting understanding

Author Biographies

Yusriadi Hala, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

 

 

 

Neng Indriyani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP

 

 

 

Rostiaty Yunus, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP

 

 

 

 

 

 

References

Akbar, dkk. (2019). Pedoman STIEM Bongaya. Makassar: STIEM Bongaya.

Anam, Hairul dan Ardillah, Lia. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan. Jurnal Sains Terapan. 2 (1) : 41-42

Ariantini, Komang Tika, dkk. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Angkatan 2013 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha. 7 (1)

Arwani, Agus. (2020). Aspek Keperilakuan Pada Pengambilan Keputusan Dan Para Pengambil Keputusan. Jurnal Institute Agama Islam Negeri Pekalongan

Darmadi. (2017). Pengembangan modal dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa,

Dermawanti, Mei Lita. (2017). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Stres Kerja Pada PT. Temprina Media Grafika Wringinanom Gresik. Skripsi. Malang : Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim

Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Havid, Muhammad Giffari, dkk. (2017). Pengaruh Kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Jurnal sains manajemen & akuntansi. 9(2).72-73

Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat dan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi

Kusuma, I.C. dan Rizki, L.S.M.. (2017). Pengaruh Intelegence Quotient (Iq), Emotional Quotient (Eq), Dan Spiritual Quotient (Sq) Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Di Smk Sumpah Pemuda 2 The Influence Of Intelegence Quotient ( Iq), Emotional Quotient ( Eq), And Spiritual Quotient ( Sq) Toward Understanding In Accounting Lesson Of Accountancy Students In Smk Sumpah Pemuda 2. Jurnal Akunida. 3 (1) : 30-31, 37

Laksmi, Rizky Ardewi dan Sujana, I ketut. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Tehadap Pemahaman Akutansi. E-Jurnal Auntansi Universitas Udayana, 21(2): 1394

Livesey, P. V. (2017). Goleman-boyatzis model of emotional intelligence for dealing with problems in project management. Construction Economics and Building, 17(1), 20–45

Mafruhah, Isna (2019). Korelasi Kedisiplinan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa Di Mi Miftahul Falah Banyumanis Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Kudus: Institut Agama Islam Negeri Kudus

Mahmud, Muhammad Daud. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara).Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 22 (1) : 54

Maulana, Teguh I dan Muchtar, Pyan P S Amin. (2018). Modul Penelitian Akuntansi. Tangerang: Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Mudzakir, Ali. (2017). Hubungan Kecerdasan Sosial Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Penjualan Cv.Global Mandiri Sentosa. Skripsi. Kediri: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri

Paramita, Putu Vicky Yuliana dan Sari, Maria Mediatrix Ratna. (2019). Pengaruh Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik, Motivasi, dan Kecerdasan Adversity Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 26 (1) ; 159

Pratiwi, Sherly Yunita. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya. Skripsi. Surabaya : Universitas Bhayangkara

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Hala, Y., Indriyani, N. ., Yunus, R. ., & Auliah, R. . (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi: Survei pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIEM Bongaya Makassar. Al-Buhuts, 19(1), 290–299. https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3604

Issue

Section

Articles